Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

UPT PAUD dan Dikmas Jadi Garda Terdepan Tanggap Bencana

UPT PAUD dan Dikmas Jadi Garda Terdepan Tanggap Bencana

15 November 2018 23:10:25

Jakarta, PAUD dan Dikmas. “Nantinya Unit Pelaksana Teknis (UPT) diseluruh Indonesia akan jadi garda terdepan dalam penanganan tanggap bencana”, ujar Sekertaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarat (Sesditjen PAUD dan Dikmas) Wartanto. Saat Rapat Kerja Ditjen PAUD dan Dikmas Evaluasi Penanganan Tanggap Bencana Nusa Tenggara Barat (NTB), dan Sulawesi Tengah (Sulteng) diruang sidang utama Sekertariat Ditjen PAUD dan Dikmas. Selasa (12/11)

Nantinya Pusat Pengembangan (PP) atau Balai Pengembangan (BP) PAUD dan Dikmas, akan saling membantu sebagai unit penopang bagi UPT yang wilayah kerjanya terkena atau dampak bencana alam. Karena ketika suatu Kabupaten/ Kota terjadi bencana akan sulit memenuhi kebutuhannya sendiri sehingga perlu ditopang wilayah sekitarnya, ujar Wartanto menceritakan pengalamannya saat tanggap bencana di Yogyakarta.

Oleh sebab itu Sesditjen berharap agar seluruh UPT Ditjen PAUD dan Dikmas memiliki sarana dan prasarana tanggap bencana yang lengkap, meskipun diakui oleh Wartanto bahwa tidak semua kebutuhan tanggap bencana akan disetujui Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan, seperti kebutuhan motor trail dan kendaraan pick up double gardan untuk menembus wilayah yang sulit terjangkau oleh kendaraan biasa.

Selain itu dengan adanya evaluasi penanganan bencana yang telah dilakukan Ditjen PAUD dan Dikmas, dalam hal ini penanganan bencana gempa di NTB dan gempa, likuifaksi dan tsunami yang terjadi di Provinsi Sulteng. Dapat mencegah terjadinya tumpang tindih dan kebocoran bantuan kepada lembaga dan masyarakat, ujar Wartanto menambahkan.

Selain Sesditjen PAUD dan Dikmas, turut hadir Kepala BP PAUD dan Dikmas dari Provinsi Sulteng, Provinsi NTB, Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulbar dan pimpinan sejumlah pimpinan satuan kerja dilingkungan Ditjen PAUD dan Dikmas yang terkait penanganan tanggap bencana. (Tim Warta/MHF/Pri-Ars/KS)

Semua Berita