Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Wali Kota Tegal Mendapatkan Anugerah Aksara dari Kemendikbud

Wali Kota Tegal Mendapatkan Anugerah Aksara dari Kemendikbud
Wali Kota Tegal Mendapatkan Anugerah Aksara dari Kemendikbud

08 September 2018 22:35:25

Deli Serdang, PAUD dan Dikmas - H. M. Nursoleh,Walikota Tegal,Provinsi Jawa Tengah,menjadi salah satu dari empat kepala daerah yang mendapat penghargaan Anugerah Aksara dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan karena dinilai telah berhasil dalam penuntasan buta huruf pada puncak peringatan Hari Aksara Internasional (HAI) ke-53, di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, Sabtu (8/9). Empat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara; Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur; Kabupaten Bogor, Jawa Barat; dan Kota Tegal, Jawa Tengah.

Pemerintah Kota Tegal dalam memberantas buta aksara dengan pendekatan organisasi kemitraan (ormit). Dengan membuka seluasnya partisipasi masyarakat dan pegiat literasi untuk mengembangkan kampung literasi dan meningkatkan minat baca masyarakat.

“Kami lakukan pendekatan dan mendorong pegiat,lembaga pendidikan nonformal dan lembaga/program yang sangat strategis untuk dijadikan mitra. Secara bersama sama,bekerja dan beraktivitas dalam menggelorakan literasi sebagai sebuah gerakan yang akan mengakselerasi minat baca, indeks literasi, indeks IPM dan yang terpenting transformasi masyarakat yang berkualitas dalam segi kompetensi dan karakter sehingga mampu menjawab segala tantangan zaman,” papar Nursoleh.

WalikotaKota Tegal menyebut bahwa angka buta aksara di wilayahnya terus menurun setiap tahunnya. Hal itu terbukti dengan banyaknya warga putus sekolah mengejar ujian kesetaraan Paket A, B, dan C di Kota Tegal. Selain itu, Nursoleh juga mengungkapkan bahwa turunnya angka buta aksara dikarenakan semakin banyaknya lembaga pendidikan non formal bagi segala usia di Kota Tegal.

Selain Walikota Tegal H.M. Nursoleh. Pegiat literasi asal Kota Tegal,Yusqon penggagas dan penggerak sekolah atau Taman Baca Masyarakat Sakila Kerti Terminal Tegal juga mendapat penghargaan dan mendapat bantuan berupa motor literasi.

“Penghargaan ini menjadi pendorong semangat jajaran Pemkot Tegal untuk semakin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,terutama pendidikan,” ungkap Walikota Tegal sesaat setelah menerima penghargaan dari Kemendikbud.(**)

Semua Berita