Ditjen PAUD-DIKMAS

KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini
dan Pendidikan Masyarakat

Ditjen PAUD dan Dikmas Selenggarakan Gelar Karya Kursus dan Pelatihan di Jogjakarta

Ditjen PAUD dan Dikmas Selenggarakan Gelar Karya Kursus dan Pelatihan di Jogjakarta
Gelar Karya Kursus dilaksanakan di Jogjakarta dari tanggal 11 s.d. 12 Agustus 2018

11 Agustus 2018 16:19:19

Yogyakarta, PAUD dan Dikmas - Guna menyiapkan sumber daya manusia Indonesia untuk menghadapi tantangan dan memenangkan persaingan, baik regional maupun internasional, terutama dengan hadirnya era industri 4.0. Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, dalam hal ini Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan menyelenggarakan Gelar Karya Kursus dan Pelatihan, Job Fair, dan Pameran Pendidikan selama dua hari, tanggal 11 s.d. 12 Agustus 2018, di Gedung Yogya Expo Center,Provinsi DI Yogyakarta.

”Kami yakin bahwa lembaga kursus dan pelatihan adalah salah satu satuan pendidikan yang mampu menciptakan lulusan yang memiliki kompeten, berkarakter, dan berdaya saing,“ papar Dirjen PAUD dan Dikmas Harris Iskandar saat memberi sambutan pada pembukaan Gelar Karya Kursus dan Pelatihan, Job Fair, dan Pameran Pendidikan di Gedung Yogya Expo Center, Sabtu (11/8).

Harris memaparkan acara ini sekaligus sebagai media informasi kepada masyarakat dan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) bahwa lembaga kursus dan pelatihan serta pendidikan anak usia dini dan pendidikan dasar adalah lembaga yang dapat dijadikan wahana untuk mempersiapkan dan memenuhi kebutuhan SDM yang kompeten, berkarakter, dan berdaya saing.

“Acara ini diharapkan mampu memotivasi dan memberikan informasi kepada masyarakat tentang tantangan sekarang dan masa depan serta kompetensi yang dibutuhkan,” ujar Harris.

Helatan dengan tema “Menguatkan Kursus dan Pelatihan dalam Menyiapkan SDM Kompeten, Berkarakter, dan Berdaya Saing.” ini diikuti Acara ini dilaksanakan berkat kerja sama antara Ditjen PAUD dan Dikmas, Direktorat Pembinaan Kursus dan Pelatihan, dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, serta melibatkan berbagai organisasi profesi, lembaga sertifikasi kompetensi, lembaga kursus dan pelatihan, dunia usaha dan indiustri (DUDI), sekolah-sekolah (TK, SD, SMP), dan WIMNUS (Wirausaha Muda Nusantara).

Selain pemberian penghargaan kepada lembaga kursus dan pelatihan yang berprestasi dan berperan dalam peningkatan sumber daya manusia. Juga digelar pelaksanaan uji kompetensi massal yang diikuti sebanyak 1.000 orang dari 12 jenis keterampilan. Diisi sekitar 85 stan pameran dari berbagai lembaga kursus di tanah air. Pada acara ini juga diluncurkan sistem kursus jarak jauh atau kursus online dengan alamat web kursusdaring.kemdikbud.go.id.(**)

Semua Berita